Jumat, 02 Mei 2014

Selamat Hari Pendidikan

Assalamualaikum :)

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Pendidikan adalah suatu proses memanusiakan manusia dalam artian berperan penting dalam pengembangan intelektual manusia. Pendidikan bukan hanya sebagai kewajiban akan tetapi menjadi sebuah kebutuhan dimana manusia bisa berkembang karenanya.
Hal yang terpenting dalam hidup ini adalah bagaimana kita bisa memandang arti pendidikan sepenuhnya dimana itu terjadi dalam kedua lingkungan, formal dan informal, karena hakikat pendidikan itu sendiri adalah sejak kita lahir hingga akhir hayat.

Tokoh kita, Bapak Pendidikan
Lahir di Yogyakarta, 2 Mei 1889.  Raden Mas Soewardi Soerjaningrat atau Ki Hajar Dewantara adalah seorang tokoh pelopor pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia pada zaman penjajahan Belanda. Beliau juga merupakan aktivis pergerakan kemerdekan Indonesia, kolumnis, dan politisi
Semboyan dalam pendidikan yang beliau pakai adalah “tut wuri handayani”. Semboyan ini berasal dari ungkapan aslinya “ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”. semboyan tersebut memiliki arti "di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan daya kekuatan."
Seperti yang kita ketahui bahwa "Tut Wuri Handayani" menjadi slogan pendidikan di Indonesia.

Karena pengorbanan, perjuangan dan pengabdiannya, tanggal kelahirannya menjadi hari pendidikan nasional di Indonesia.

Bagaimanakah sistem pendidikan Indonesia hari ini? Aku tidak bermaksud untuk berkomentar disini karena yang terpenting, besar harapan bagi kita semua hanyalah titik-titik kemajuan dalam ranah pendidikan kedepannya, semoga Pendidikan di negeri tercinta ini menjadi lebih baik lagi. Masing-masing kita menjalankan peranannya agar bisa bermanfaat dalam dunia pendidikan yang akan membuat bangsa kita sejahtera dalam sumber daya manusia dan beserta sumber daya alamnya.
Harapan masih terbuka luas untuk tanah air kita :)

Selamat hari pendidikan nasional
Wassalam

Tidak ada komentar: