Minggu, 27 April 2014

Manfaat Minum Teh

Assalamualaikum :)


Siapa yang suka meminum teh disetiap pagi hari? *Saya :D
I'm one of Pecinta Teh. Every morning, I'll drink a glass of tea. walaupun begitu saya juga suka milk and coffee koq : p. HaHa. Since I was a child, Tea is a habit drinking to opening morning. Especially, in my family, we usually make tea together. You know why? I think it's not strange because in Indonesia, Dringking tea is a culture of Indonesian people. Teh adalah minuman yang digemari di kawasan ASEAN. Apa alasannya? Ya, karena menurut beberapa penelitian, Teh sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Well, search di Kakak Google, seputar baik buruk dari minum teh.

 Berdasarkan penelitian-penelitian terhadap zat yang terkandung didalam teh, berikut adalah beberapa manfaat dari meminum teh :
  • Kesehatan Otak. sebagai pencegahan dan pengobatan penyakit saraf, menghambat kepikunan dan meningkatkan kinerja dan memori otak
  • Kesehatan Tulang. mampu meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang.
  • Kesehatan Jantung. teh yang diminum dalam waktu jangka panjang akan mengurangi resiko stroke sebanyak 60 %. dengan berlimpahnya kandungan antioksidan maka dapat mencegah penyakit jantung.
  • Kesehatan Gigi. Kandungan flouride pada daun teh akan mencegah bakteri memproduksi asam yang membuat gigi berlubang, selain itu flouride juga bekerja memperbaiki gigi pada tahap awal kerusakan gigi.
  • Sistem Imun. Meminum teh setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh.
Begitulah sebagian manfaat teh, sebenarnya masih ada banyak manfaat lain. Meminum teh memang sudah menjadi gaya hidup, tidak mengenal usia ataupun negara.
Kalau saya, memang menyukai teh sejak kecil. tanpa didugapun, Eeeh ternyata banyak khasiat bagi kesehatan. Tapi kita harus tau aturan-aturan agar khasiat itu tidak berubah menjadi dampak buruk bagi kesehatan tubuh itu sendiri. Sssssssssssst... sebenarnya dan sejujurnya, ada manfaat meminum teh yang agak gimana gitu buat aku sendiri, apa itu? Yupppps beberapa riset mengatakan bagwa minum teh bisa merampingkan perut aka langsing gitu. HuHu aku kan sudah kurus begini :D Aigo... ^^

Beberapa hal yang harus diingat saat kita akan menikmati segelas teh, Mari kita ingat!
  • Jangan konsumsi yang terlalu berlebihan karena akan menyebabkan penyakit batu ginjal dan anemia defisiensi besi. kitapun menyadari apapun yang kita makan dan minum, bila sudah mencapai kadar berlebihan, tentunya takkan baik untuk kesehatan
  • Jangan meminum teh saat kita sedang dehidrasi karena akan meningkatkan resiko batu ginjal
  • Jangan memilih teh saat kita sedang makan makanan besar (nasi, lauk, sayur), karena menyebabkan zat besi yang ada didalam lauk tidak dapat terserap oleh usus. ini sangat berbahaya karena zat besi adalah zat yang penting dalam pembentukan sel darah merah. sehingga teh yang menemani makanan besar ini akan menyebabkan penyakit anemia defisiensi besi. jadi baiknya jangan meminum teh sebelum dan sesudah makan makanan besar.
  • Jangan minum teh saat perut kosong karena akan menyebabkan produksi asam lambung meningkat
  • Jangan mencampur teh dengan susu karena manfaat teh akan menghilang
Itulah beberapa point penting perlu kita perhatikan. Wah, pokoknya kita harus bijak dalam meminum teh karena memiliki aturan waktu dan kadarnya, sehingga teh hanya membawa pengaruh bermanfaat bagi kesehatan. Oke!

Mari minum teh yuuuk!

Wassalamualaikum :)

Tidak ada komentar: