Selasa, 15 April 2014

Nelly, why do you want to be a teacher?

Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh

Anak-anak, apa cita-cita kalian?
It's a question when we was elementary school. we still remember at that time we would rise our hand and mention our ambition. Doctor, Perawat, Polisi, Guru, Insinyur, Astronot, Profesor, DPR, Presiden, Pilot etc.
Bahkan zaman kita masih SD ada yang bercita-cita jadi Spiderman? Batman? HaHa jangan-jangan ada yang bilang ingin menjadi Teletubbies. WkWk masa kecil memang begitu. menjawabpun belum sepenuhnya betul dan serius karena mungkin gambaran anak kecil itu hanyalah sekedar menjawab apa yang terlintas di fikiran saat itu juga. Wajar sangat wajar dan itu bukan hal mengherankan.

Cita-cita adalah suatu impian atau harapan seseorang akan masa depannya, sebagian orang beranggapan cita-cita bisa disebut dengan tujuan hidup. layaknya kita berjalan, tentu kita punya tujuan melangkah. kalau tidak, kita akan tersesat karena tanpa tujuan jelas. Ya, cita-cita adalah rancangan kehidupan masa mendatang. Hidup tanpa cita-cita bisa dikatakan sia-sia.
Seperti kisah akan kehidupan, tentu saja kita tidak akan berpaling dari kenyataan. Kita sebagai seorang muslim dan muslimah akan menggapai cita-cita kita dengan penempatan kemuliaan bersama gapaian Ridha ALLAH SWT.

Aku masih ingat kisah SD ketika memasuki awal abad 20-an. Aku bercita-cita ingin menjadi penyanyi. Tau apa alasannya? aku memanglah hobby menyanyi.. WkWk jawaban yang nyambung. Bila ada lomba di sekolah, aku tak pernah melewatkan satupun. HuHu bukannya nak tipu, memang akhirnya aku juara satu dengan membawa lagu Siti Nurhaliza, berjudul Wajah Kekasih. Percaya? haruslah :D aku mendapat hadiah Rp. 20.000. Aigo, besarlah nominal itu di zaman dulu kala.
rahasianya aku menyanyi dengan senang hati, suara aku pun merdulah sangat, tak jauh beza dengan penyanyi aslinya HuHu kata aku saje :D *Lucu memang
Tapi memang sajalah, aku menangkan kompetisi menyanyi, bila tak juara 1, aku akan dapat juara 2, aku ingat juga masa itu aku menyanyi Terlena. CkCk lagu itu memang amat famous pada tahun itu
Euy euy euy... memang aku kontestant yang berbakat. tapi sayanglah, sejak SMP aku sudah tak kuasa untuk menyanyi depan banyak oranglah. HuHu Entah, bila ada lomba-lomba, tak lagi aku ingin mendaftar :D
Become a singer? Not really :p

Tapi masih dalam pergantian tahun, cita-cita kita akan berubah. begitulah memang anak dibawah 10 tahun.
Saat itu aku sangat senang menggambar, seperti bunga, pemandangan, kucing, Weeeeh saat anak-anak pada umur itu patut hobby menggambar, akupun jadi terinspirasi ingin jadi pelukis terkena seperti di TV yang bisa menghasilkan karya yang bernilai tinggi, Amboi keren sekali deh, Fikirku
Become a painter? Not really :p

Di penghujung sekolah dasar aka kelas 6, aku sudah berumuran belasan tahun. Cita-cita aku ingin menjadi polwan. HaHa cita-cita ini memanglah amat ku minati. alasannya memang agak mengharukan :? aku senang lihat orang yang memakai seragam itu bersama-sama, aku juga senang lihat penampilan mereka, tegas dan keren. WkWk terlebih lagi hanya menempuh pendidikan satu tahun saja, sudah itu.. Kerja langsung, tak perlu sulit lagi. HaHa memanglah tak fikirkan kesulitan dan kerasnya perjuangan selama pendidikan. Oo aku pokoknya senang lah cita-cita ini. Tapi... cita-cita ini menjadi mimpi saja, mengingat tinggi badan aku yang pas banget dan berat badan aku yang tak ideal. Hadeeeh mungkin tak sesuailah untuk postur badan aku.
memanglah tak mudah untuk melepaskan cita-cita yang satu ini. Kasihaaaan @#$%^&
dimasa kuliah ini aku pun bila lihat spanduk pengumuman tentang pembukaan calon bintara, Hadeeeh tertegun melihatnya. aku tak pernah kehilangan kekaguman akan sosok seorang polwan. WkWk...
Bila Umak aku berkata "coba saja kalo dulu aku jadi polwan saja" akupun terhempas ke mimpi itu lagi.
Mengingat sudah berjalannya 3 tahun kuliah.. Oo ini memang waktu lama, fikirku.
Saat Kakak aku bilang "ada pembukaan", sekali lagi aku seperti membuka mimpi lama. HaHa mimpi masa kecil lah. hanya satu alasan yaitu Umak. aku ingin berkata kalau saja ya. tentu sekarang sudah membanggakan beliau dengan menjadi seseorang... Astagfirullahhal'aaziim. Istigfar Yaa Allah..
Tentulah itu hanya mimpi lama di masa lalu. HeHe tak pelik untuk ingat sedikit saja. aku hidup dimasa sekarang. Sudah tentu cita-cita itu tak berlaku lagi saat ini. aku sepenuhnya sudah rela :D Yes, I can be sure It doesn't belong to my ambition anymore. Become a police woman? Not really :p

My Ambition is a profesional teacher of english
Nelly, why do you want to be a teacher? satu pertanyaan sederhana yang tak perlu membutuhkan waktu lama untuk menjawabnya. I'll answer because it's my life's goal.
Guru adalah salah satu profesi mulia sebagai pembentuk akal dan karakter bangsa. sebuah pengabdian dalam mengajar dan mendidik anak didik dari mereka yang tidak tahu menjadi tahu dan dari mereka yang bodoh menjadi pintar. Menciptakan penerus bangsa yang berwatak baik dan terdidik.

# SUPRIYADI, 1999
Guru adalah orang yang berilmu, berakhlak, jujur dan baik hati, disegani, serta menjadi teladan bagi masyarakat
# WILLIAM
Guru adalah pemegang kendali dalam "kendaraan" pendidikan
# MOHAMAD SURYA
Guru adalah orang tua di sekolah dan orang tua adalah guru di rumah.
# SYAIKH MUHAMMAD
Guru adalah tauladan dalam akhlaknya yang baik dan perangainya yang mulia

Aku masih ingat saat kelas 3 SMP, sang Ibu menasehati sebuah cita-cita mulia ini. Menjadi seorang guru. sejak waktu itu, tertanamlah dalam jiwa terdalam, ya aku ingin menjadi guru. saat itu aku berfokus untuk menjadi guru matematika. karena memang aku sangatlah menggemari pelajaran hitung menghitung ini. tapi semuanya berubah sejak kelas 3 SMA. Bahasa inggris menjadi salah satu target pelajaran yang amat kucintai. Ya, hidup didesa. tak ada tempat kursus bahasa inggris. tapi bidang study ini kusukai karena sistem rumus grammar yang mudah dihapalkan. terlebih lagi bahasa inggris begitu menarik sebagai bahasa asing. Mungkin itulah cinta, walau tak ada penguasaan dan pengenalan bahasa inggris sejak kecil seperti teman-temanku dikota yang mengenyam kursus bahasa inggris dimasa keemasan itu. Really, I'm not the one that same of their luck to know english well before. But I'm so happy when I must learn it with my sincere. I realize this is not easy but it's not impossible for someone that never give up. Come on, there are a thousand hopes for them that always do, do and do :D

Kata orang menjadi guru itu sangatlah mudah, pekerjaannya mudah, tak menyita waktu banyak, ini.. itu..
Oke itu pendapat orang, itu kata orang. itu benar-benar kata orang. Heiiiii siapa bilang begitu???
Dear the world, menjadi guru itu tak mudah. based on me now, I'm studying in PGRI University of Palembang, FKIP Bahasa Inggris. I've just realize that I'm a candidate of teacher in the future, harus dituntut untuk rajin belajar dengan sungguh-sungguh agar berilmu yang benar. terlebih lagi tantangan masa depan yang akan lebih meluas dari sekarang. disamping itu, guru juga harus menjadi panutan dan tauladan bagi murid-muridnya.
I just wanna explain that THIS IS NOT EASY.

Kami punya banyak tantangan untuk menjadi guru profesional. Guru yang menyenangi pekerjaan dengan sepenuh hati. kami akan memikirkan anak murid kami. kami dihadirkan untuk mendidik anak bangsa yang akan menentukan kemajuan negeri ini.

Guru adalah pahlawan disetiap zaman. Bukan hanya profesi biasa, itu adalah sepohon kayu yang terus berbunga dan berbuah, semua tak berhenti disitu, lalu selanjutnya akan tumbuh pohon-pohon kayu yang akan menghijaukan negeri. itu kata kiasannya. Guru akan kami jadikan tujuan hati. Sepenuhnya dengan cita-cita baik dan mulia ini, kami sebagai Guru ingin bahagia dunia dan akhirat dengan keridhoan-Nya.
Guru berniat mengubah dunia dengan jasa agar menghasilkan generasi penerus yang akan menaikkan martabat bangsa tercinta ini.
aku tak sendiri, karena aku bersama guru-guru diseluruh Indonesia akan melahirkan sumber daya manusia berpendidikan yang akan menjadikan tanah air ini bermartabat dalam ilmu dan moral.

Nelly, why do you want to be a teacher? because I love my Religious, I love my Family, I love my Indonesia.

Tidak ada komentar: