Selasa, 02 Juni 2015

Bab IV-V+Abstract

السلام علييكم

Apa kabar semua? Baik? Sehat? In shaa Allah, semoga kita selalu dalam limpahan nikmat dan karunia dari Allah swt. Aamiin.

Sebenarnya sedikit berluang waktu untuk type little story, actually sometimes I think I have so many words which I really want to tell in here but when I stand in front of layar ini, rasa confused juga, apa hal yang nak ku tulis ini? Heii.. Iyelah tuh, lazy nak tulis mungkin.. atau over much stories make me feel hard to choose option.. Iye ape? Entahlah.. jangan difikirkan tuh, go to typing sentences saja.. ^^

Well, big project yang sudah setia menunggu after mudik tuh adalah judul di entry ini, ya apalagi kalo bukan "Bab IV & Bab V + Abstract". Sebelum mudik ke my village, memang I have already did my penelitian di sekolah tapi saya belum sama sekali terjun ke dunia hitung menghitung atau lebih jelasnya bab IV. So thats why, aku really kejar target sampai akhir bulan ini untuk selesaikan Bab IV, Bab V dan sekaligus abstract.
Pada kenyataannya, plan tak sesuai dengan apa yang terjadi. setelah mudik itu ya biasa, rasa sedihnya rada berbekas dan alhasil kurang semangat, ditunda sehari lalu dua hari (jangan ditiru adik-adik ya..) efek pulang dari mudik itu memang seperti itu, jiwa semangat harus di tata lagi biar bisa berjuang bak pahlawan era 2000-an. Ditambah lagi, kali ini malah selera makan yang hilang entah kemana, beberapa hari itu tak nafsu nak isi asupan energi.. Lha gimana nak semangat kalo makan juga enggak? (really jangan ditiru ya adik-adik!!!) walaupun begitu aku sadar dengan sesadar-sadarnya kalau prihal itu tidaklah baik untuk kesehatan, (jangan sampai sakit ya bicik!) jadi aku usaha untuk mencukupi energi dengan minum jamu pagi hari, sore minum susu, dan malamnya minum vitamin. Ya memanglah tak seimbang gizinya tuh tapi setidaknya tak di buat down oleh selera makan yang sejenak pergi. Syukurlah dia kembali pada beberapa hari selanjutnya, ya selera makan dah datang lagi.

On wednesday 27 May 2015, aku start my struggle.. Awalnya aku berpendapat aku bisa menyelesaikan bab IV dalam waktu 2 days only, but it's just opinion. What happened? bukannya 2 hari tapi bab iv membutuhkan time yang lebih, 6 hari barulah bab iv dapat predikat ok. Apa hal itu memang wajar atau malah terlalu lama ya? HeHe.. maklum aku pandai nak targetkan sesuatu tuh dalam waktu yang cepat. tapi baik harus begitu jadi bikin lebih termotivasi dalam berjuang, nah kalo seandainya targetnya 3 minggu-an gitu, nah itu namanya gawat kan..
Perjuangan bab iv benar-benar menakjubkan, ya setelah bikin si chapter iv ini kelar bisa bilang begitu. tapi semasa 6 hari itu banyak hal yang mewarnainya.. sering dibuat heran, mengerutkan kening, mata pedih, apalagi ye.. banyak dah..

Ceritanya begini.. rabu itu aku sudah mulai mengetik tuh si chapter iv, kalo menulis kata-kata itu memanglah semudah bab I, bab II atau bab III. tapi kalo urusan hitung-hitung itu gak boleh di sepele-kan. jangan samakan dengan bab yang sebelumnya. meskipun pada bab III itu ada sesi hitung-hitung try out siswa, tapi berhadapan dangan pre-test dan post test malah bikin cerita tersendiri. mulai dari akunya yang gak tau itu SPS, HeHe gak tau lagipun gak wajib juga kan tahu itu, kabarnya sih SPS itu untuk hitung data secara gak manual kali ya, alright.. tidak mengapalah, aku pun lebih memilih jalur hitung manual yang pastinya sering salah hitung.. pakai kalkulator handphone nokia.. karena banyak juga nilai siswa yang pakai koma-koma, tentu namanya manual, sering banget kewalahan. tapi tetap bersyukur sajalah, lebih baik itu kan daripada harus menggunakan sempowa.. Haha dak mungkin juga kali bicik ye, bukannya anak SD lagi ^_^ (Just kidding..)
Bahkan di malam minggu, aku really serious nak hitung nilai dengan lebih anggun sedikitlah, jangan terlalu gelabakan.. keep calm! sampai aku tak sadar alarm handphone pada jam 3 dini haripun berbunyi, tak kusangka aku belum sleep hingga sedini hari itu, saat itu aku sudah hitung ulang hingga 6 kali tapi belum juga aku menyelesaikan bab IV, aku segera turn off notebook dan bersiap nak sleep saja, besoklah aku continue untuk ulang hitung (alarm berubah fungsi aka kebalik, bukannya bangun malah start tidur)
aku sungguh menyesal harus mengabaikan waktu istirahat optimal dimalam hari, karena sungguh tak baik bila begadang seperti itu (jangan di-copy adik-adik sekalian!) kan ada lagunya begadang jangan begadang! oke aku tak ingin ulangi lagi begadang seperti itu karena really it's bad for our health. Apa mau dikata, besoknya mata panda.. iya panda mah comel, ini lebih tepatnya mata bengkak ditambah pedih, efek tambahan pun ada, begadang berdampak pada sakit kepala dan rasa capek juga. Ye jerawatpun tak mau ketinggalan. Betapa teganya teganya teganya! Huhuu memang useless yang namanya begadang.
Kesimpulannya sekali lagi aku nak klarifikasikan #aku tak nak begadang macam tu lagi

Para pembaca.. saya really suggest bila nak hitung-hitung sebaiknya menggunakan ms.excel, lebih akurat dan nyaman. saya barulah terfikir idea untuk menghitung lewat ms.excel, kan tinggal dicopy paste nilai yang ada di ms.word tersebut, masukkan rumus, dalam hitungan kilat, nilai dah nampak. memang terbaik! ya saking terbaiknya, aku temukan idea itu di hari ke-6 nya. jadi 5 hari itu tersita dengan hitung manual yang betul-betul mengerikan ^^. itulah namanya experience.. Alhasil, aku menyelesaikan bab IV di hari ke-6 atau dengan jelas pada hari Senin, 1 Juni 2015 pukul 11.15 AM.. syukron Yaa Allah.. Alhamdulillahirrobbil'alamiin.. Allahhumma sholli 'ala Muhammad wa Aali Muhammad..


Selanjutnya aku enter chapter V dan sekaligus abstract. Alhamdulillah aku menyelesaikan dihari yang sama dengan bab IV tersebut. Sungguh bersyukur akhirnya bisa kasih predikat OK untuk bab IV dan V + abstract. PERJUANGAN YANG INDAH. Alhamdulillah... kini menjelang 2 minggu bulan suci ramadan aku wajar sedikit berlega hati, setidaknya aku takkan terlalu sesibuk biasanya.. Marhaban ya syaro syiam.. bahagia yang terlalu. sebenarnya inilah tujuan awal aku nak target segera selesaikan hingga abstract, sebagai tanda aku bergembira untuk bulan suci ramadhan 1436 H.

Rabu 3 June 2015 besok, aku akan mulai bimbingan bab IV, then Bab V and abstract. Semoga lancar dan segera ACC and there is sentence "You may join final exam". Target sidang skripsi atau kompre segera di pertengahan puasa nanti. In shaa Allah. semoga saja. Aamiin.

Sampai jumpa lain entry nanti ^^
Wassalam

Tidak ada komentar: