Rabu, 27 Agustus 2014

PPL II - Story Part 2

Assalamualaikum :)

 Percayalah, man jadda wa jadda!

Holla everyone^^ Just for a moment, aku plan tuk write story about PPL II aku yang sudah start since 21 Agustus 2014, atau lebih singkatnya, telah satu minggu yang lalu.
Tak aku menyangka, sudah one week, aku tentu have an experience saat mula the first teaching in the class.
How was my feeling at that time? I just wanna say "Alhamdulillah"
Sungguh bersyukur, suka cita dan bahagia aku rasa, menghias hati yang memang punya cita nak jadi seorang pendidik atau guru. Ternyata aku tersadar lagi, ya... memang inilah cita-citaku, aku senang karena aku punya cita-cita ini, aku bangga aku akan berada dalam ranah dunia pendidikan. Aku memang rasa glad on my feeling.


PPL II yang mengatur aku harus melaksanakan tugas di SMA Negeri 16 Palembang, lokasi ini memang tidaklah dekat dari Kertapati. Sekali lagi, aku ingin selalu ucapkan syukur pada-Nya. Dia yang selalu melimpahkan kasih sayang dan pertolongan-Nya. Sehingga, Tuhan mempermudah urusan setiap hamba-Nya yang percaya pada-Nya. Singkat cerita bahwasanya sejak PPL II dimulai, aku sudah mengungsi ke perumnas. #kayak banjir aja yaa
Ceritanya adalah memperdekat lokasi PPL II yang berada di Sako, Perumnas. Sehingganya, aku mengungsi ke rumah sepupu dari ayuk iparku. sebenarnya keluarga yang punya rumah tersebut telah tinggal dirumah yang lain. dimana Julia dan Resa tinggal disana. Alhamdulillah... karena memang aku berfikir takkan mudah bagiku untuk tiba dengan waktu pagi, mengingat lokasi kertapati ke sekolah menempuh perjalanan satu jam lebih. Jikalau pulang pergi setiap hari, wah apa hendak dikata, bakalan capek kayaknya. Well, rencananya memang gak bakalan sampe selesai PPL II untuk tinggal disini, mungkin perkiraan 3 minggu awal sahaja.

Anyway, the first time, aku memang survei ke sekolah bersama kakak ipar, maklumlah... aku memang belum tau arah perumnas. Ya.. tapi setidaknya aku bisa mengingat jalan dengan mudah.. sehingga kata, ambil picture dibawah nih! Welcome in SMA N.16 Palembang ^^



Di sekolah ini memang masih asri sekelilingnya, sejuuuuuuk :D Masih banyak pohonnya.
Aku nak bagi cerita kalau Guru-Guru disini memang baik semua. Kami juga rasa senang dan terima kasih karena kami dah diterima PPL II disini.



Kelas XI MIA3 adalah the first class that I taught. They are so friendly, well cause still SMA, Actually sometimes they are noisy but they will be silent if we as a teacher give explanation. Pokoknya mereka baik semua koq...
Next, I teach in XI MIA 1, that's good class, almost all of active
So far, In my humble opinion, all of my students in here is good and friendly, some of them are talkative.
Oke, tugas guru bukan hanya mengajar, tapi mendidik. agar lahirnya anak bangsa yang bisa membawa negeri ini kearah yang maju dan bermoral.
Finally, setiap habis ngajar ya, kayak habis nih suara... keep fighting!


Karena sudah berlakunya kurikulum 2013 di kelas X dan XI, in fact itu tak mudah tapi it's not impossible untuk menyelesaikannya. yang terutama ada usaha dan doa. tak nak takut asal kita mau berusaha, Man Jadda wa Jadda, siapa yang bersungguh-sungguh, dialah yang akan mendapat. Percayalah...! jadi sekarang koreksi kinerja pribadi kita, apa yang kau tanam, itulah yang kau petik. Berjuanglah dan syukurilah...
List-to do : Rincian minggu efektif, RPP, Prota, Silabus, Prosem, KKM.
Tuh kan, banyak itu... tapi aku yakini jika kita lakukan dengan niat ikhlas, maka semua pasti bisa koq! sulit akan menjadi mudah, well... yang pasti jika kita terbiasa, kita pasti terlatih. Bila nak jadi guru profesional, mari perjuangkan!

Kepada bendera merah putih, hormat graaaaaaaaak!
Masih ingatkah masa sekolah disetiap hari senin dahulu? Tentu saja, hari senin tanggal 25 Agustus kemaren ikut upacara di sekolah... Selama itu, aku jadi kembali dalam moment-moment sejak SD-SMP-SMA dimasa lalu, nostalgia kisah anak sekolah!
sebenarnya dalam hati rasa haru karena rindu, ah aku tak menduga waktu secepat ini berjalan, kini aku mengikuti upacara sebagai calon guru, ya berdiri bukan sebagai murid.
sudah 3 tahun lamanya sejak tamat sekolah menengah atas di tahun 2011, selama itu tidak berperan dalam upacara lagi, kini kembali lagi... sejujurnya, kaki dah mulai terasa capai, berdiri beberapa puluh menit, bukan mengeluh tapi nyatanya memang kaki rasa kaku... HiHii tapi bukan itu yang terpenting, melainkan bangkitnya jiwa yang patriot. rasa nasionalisme semakin tumbuh seiring berkumandangnya lagu Indonesia Raya, lalu aku terhening kala "Mengheningkan Cipta" dinyanyikan oleh siswa-siswi yang bertugas. Dan segala elemen upacara yang membuat jiwaku semakin semangat dalam perjuangan! Alhamdulillah... Aku nak berusaha lebih baik lagi ^^Umak, aku selalu rindu disini, sabarkan kita dalam raih cita-cita ini

Jika ingin menjadi orang beruntung, maka lakukanlah hal yang lebih baik dari sebelumnya.
Mari berjuang...!

Okee, I think enough for this time, just a little bit of story PPL II ku ^^ Moment yang menjadi momentum.

Wassalam :)

Tidak ada komentar: