Minggu, 31 Agustus 2014

First, Lovely Students

Assalamualaikum :)

"Pelita bangsa niat bagikan cinta pada generasi negeri"

Bagaimana perasaan dalam hati ini ketika sudah merasa punya siswa-siswi yang nak kita ajari? Bahagia. Alhamdulillah. Sungguh kesyukuran yang luar biasa, entah rasa senang yang terluap bagai debaran ombak lautan manakah tapi memang begitu kuat melukiskan warna terang dijiwa, namun terlebih lagi dan terpenting lagi aku menyadari memang rasa cinta ada disini, bersama siswa-siswi, bersama ilmu yang dibekali, bersama disini... di dunia yang memanusiakan insan sebenarnya.
Ahlan wa sahlan, PPL II menjadi pijakan pertamaku untuk mendapatkan pengalaman dari indahnya menjadi seorang Guru. Terima kasih Umak, cita-cita kita memang penuh sinar cinta... cita-cita yang menumbuhkan cinta dihatiku, cinta mengajar anak murid, cinta mendidik anak murid, Sungguh aku ingin katakan bahwa rasa bahagia memang semakin berbunga bagai musim semi hadir disekitar ku sejak berawalnya aku terjun ke area nyata dan sesungguhnya sebagai seorang pendidik atau pengajar, terbawa suasana yang memang menjabarkan aku masih mahasiswa PPL II tapi terlimpah kecintaan warna-warni seorang pelita bangsa, Guru.


Salam perjuangan untuk seorang calon guru, seperti aku. Lagi, aku ingin lebih bersyukur lagi atas jalan yang dipilihkan Allah swt. untuk hidupku. Rencana-Nya takkan pernah salah, tiada yang terbaik melainkan hanya dari-Nya.

Menjadi seorang mahasiswa semester 7 itu tak lah mudah. tentu itu ukuran level yang sebenarnya punya tanggung jawab besar. Sudah siap nak wisuda pada semester 8 nantinya, Ya proses-proses yang telah dilalui justru meragukan akan kualitas diri kita sendiri. Tapi dan jadi, tak pernah ada kata terlambat, dari semua pengalaman, tahap dan fase yang akan siap diperjuangkan didepan mata, semoga bisa melatih kita untuk menjadi penuh tanggung jawab dalam mengemban makna sesungguhnya dari sebuah peranan kita di masa depan. Berusaha jadi orang yang lebih baik lagi...!

Di SMA Negeri 16 Palembang, aku diperjumpakan dengan Guru Pamong Bahasa Inggris yang baik dan menguasai bidangnya dengan baik pula. Beliau adalah Wakil Humas di sekolah ini. Terima kasih Ibuk Lismeriah, S. Pd. yang telah sedia bantukan kami. Mom Lis juga sudah meminjamkan buku paket untuk kami mengajar. Beliau guru bahasa inggris yang mengajar dikelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 3. Karena saya punya patner yang juga jurusan bahasa inggris, jadi kami membagi dari tiga kelas tersebut, XI MIA 1 pada hari kamis, menjadi kelas yang kami bagi, satu minggu pertama di handle oleh saya, next week will be handle by Miss Lia, Next weeknya lagi saya lagi yang mengajar, dan begitulah seterusnya. Selanjutnya XI MIA 2 pada hari selasa di handle oleh Miss Lia sedangkan XI MIA 3 pada hari sabtu di handle oleh saya sendiri. Well, I just wanna say that all of my students are good and good.

Aku sebenarnya rasa agak sulit untuk mengingat nama-nama siswa kecuali mereka yang memang rajin, pintar atau memang aktif. Ternyata aku baru rasa bagaimana jadi seorang guru itu, murid yang memang punya prestasi akan sangat mudah dihapal, murid yang pintar ngomong juga akan mudah dihapal. Ya, tentu aku teringat masa dikala masih menjejaki dibangku sekolah dulu... Ah, benar... apapun keadaannya, aku akan berusaha kuat dan lebih sungguh lagi hapalkan nama-nama murid ku, mereka lovely students yang ku sayangi, aku ingin mereka mengerti tentang apa yang ku ajarkan, aku juga ingin mereka bisa menerapkan ilmu yang mereka dapatkan serta aku harap mereka bisa punya sikap yang baik pula. Semuanya menjadi satu kesatuan aspek-aspek yang seimbang. Aspek kognitif, psikomotor dan afektif. Well, semangat berjuang!

XI MIA 1 adalah good class and all of the students almost active. I like this class. berjumlah 38 siswa/i. Untuk satu pertemuan ini, aku paling hapal dengan namanya Subhan Bayu Alhadi (Capten of the class) dan Epriansyah. pertemuan kedua harus hapal semua, Miss Nelly #tentu saja :) fighting!
 
Lovely students of XI MIA 1 

Agung Dwi Setyaji
Ahmad Azhari
Aini Algharizah
Anastasya Elvarani
Ani Ardiani
Apriani
Ayu Permata Sari
Bella Oktaviana
Bella Zahara
Bunga Salsa Miranti
Chairunnisa Johar
Dion Putra Akbar
Dwi Asri
Epriyansyah
Eka Novianti
Gema Fajar
Indah Purwati
Kemas Alsya Afrilian
Kristina Monedy
Muhammad Verdy Muharram
Muhammad Andri
Muhammad Iqbal Siswanto
Muhammad Muchlicin
Muhammad Rafly Alwanda
Muhammad Setia Budi
Muhammad Syafiq Anshori
Prestia Rizki Triamalia
Rani Silfia
Sari Nuridayati
Serli Meilinda
Siti Masruroh
Subhan Bayu Alhadi
Tanti Mulya Oktari
Usman Fajar Saputra
Wawan Saputra A.
Winda Gustiyani
Yentri Fuji Astuti
Yuana Sundari Ikhlasia

XI MIA 3 is sweet class. thumb up deh buat this class. I like this class. berjumlah 38 siswa/i. Untuk kedua kali pertemuan ini, paling hapal sama Amrina Ayu Pratiwi, Devi Rezkianata (Sekretaris kelas), Rionaldo Abdi Pratama. Inget terus sama namanya. Sebenarnya ada satu lagi yang juga mudah diingat namanya, Zahra Sakinah (namanya seperti keponakanku). But I really do make me know names of my lovely students.
 
Lovely students of XI MIA 3

Adi Kurniawan
Agung Wahyudi
Ahmad Aditya Febrian
Amrina Ayu Pratiwi
Antoni Rizaldi
Aprilia
Cindy Arliani
Devi Rezkianata
Emalia Triana
Faizal Abda’u
Febriana Safani
Fyvin Phatarina
Hartati Rahayu
Hilalia Sulistiana
Ilham Eko Jaya W.
Julia Ningsih
Lisna Dewi
Mairani
Marko Arif Mulia
Meilinda Kurnia Putri
Muhammad Ishaq
Muhammad Rizki
Muhammad Sukri
Putri Ailana Yhawita S.
Putri Anggraini
Putri Febrianti
Ra. Veren Revanda
Rico Triyadi
Riki Putra Ardiantara
Rina Mardiana
Rinaldo Abdi Pratama
Rizki Abdillah
Sendy Dalimunthe
Sisi Krismonika Sari
Wahyu Agusti
Youra Dwi Elsyani
Yuni Astuti
Zahra Sakinah

Semoga Miss mampu ajarkan dan didikan, Miss takkan pernah lupakan 38 siswa/i kelas XI MIA 1 dan juga XI MIA 3. Sekarang sudah jalan satu minggu lebih, aku tau karena waktu akan berlalu, aku harus lakukan yang terbaikku, doaku, usahaku, ilmuku, niatku, penampilanku, kreativeku, suaraku, ketegasanku, kejelasanku, dan juga semuanya, memang masih still kurang, namun aku ingin usahakan lagi dan lagi.
Aku ingin banggakan Umakku, aku juga ingin senyumkan Bapak ku yang melihatku, aku ingin senangkan keluargaku, aku juga ingin sayangkan murid-muridku... Yaa Tuhan, semoga Engkau selalu ridhokan dan luruskan niat perjuangan ini.

Anyway, ada hal-hal yang begitu terpaut dihati, ketika 30 Agustus 2014 ini, aku teach di kelas XI MIA 3, give material about Opinions. Yes, they are so creative, some of the students give expression based on the book but there are also make the dialogue about their idea. I really appreciated all of your work, my lovely students. Sejujurnya dalam hatiku, sungguh aku tak tipu, aku senang bisa jumpa kalian, kalian semua siswa-siswi yang sudah sedia terima Miss ini, Miss bahagia karena bisa mengajar dan mendidik kalian.
Ya.. ada yang bikin dialogue yang talk about artist, one pair of student speak about he likes Kristen Steward cause she is beautiful, and partnernya answer that I don't agree because I think Miss Nelly is more beautiful.
#cantik itu dari hati, hati itu iman dan ilmu :) InsyaAllah ya.. Well, bukan pujian itu yang aku elu-elukan, bukan. tapi miss menyukai cara kalian merespon materi yang miss ajarkan. Miss tentu senang sekali bila kalian telah setia suka menerima kehadiran calon guru seperti miss. Pokoknya, Miss sayang kalian semua...

bukan Pragawati, tapi Vergawati. Well, must check the grammar terpentingnya. wah dialoguenya bikin haru :')


 
Sudahkan dulu cerita PPL II Part 3 ini... Semangat pantang menyerah buat mengajarnya ya calon-calon guru masa depan! Ingat... Guru itu bukan hanya mengajar tapi juga mendidik... Guru itu profesi yang penuh amanah! dan kita akan mendapatkan pertanggungjawaban atas apa yang telah kita ajarkan dan kita juga akan raihkan kasih sayang Allah asalkan kita selalu berniat Lillahita'ala. Aamiin.

Wassalam :)

Tidak ada komentar: