Jumat, 07 November 2014

Apa Judul Skripsimu, Nelly?

Assalamualaikum :)

Nasib yang namanya mahasiswa tingkat akhir tuh ya gini, ya memang begini deh, sibuk mikirin judul skripsi. Huaaaaa.. Semester tujuh ini benar-benar menjelma bagai ombak badai di tengah lautan (badai pasti berlalu) Hehe.. gimana nggak ya, disaat PPL baru saja terselesaikan beberapa minggu yang lalu, nah kini babak baru perjuangan akan segera mulai lagi. perjuangan yang bakalan dahsyat. SKRIPSI, tugas akhir mahasiswa. Ya, tidak salah lagi kalo inilah yang dinamakan "sesuatu", sesuatu yang amazing gituuh. Karya tulis yang terlahir dari penelitian mahasiswa tingkat akhir..

Menurut informasi yang saya dengar, kabar-kabarnya jika jadwal wisuda akan dilaksanakan pada bulan Juni 2015 dan Desember 2015. Oke, saya ingin wisuda bulan Juni. Aamiin.
Nah, ini masalahnya... lebih sibuk teringat jadwal wisuda. sibuk terbayang saat hari memakai toga itu. Padahal ya tuh judul skripsi masih belum nampak ke permukaan dengan jelas. HaHa.. dan anehnya aku masih bisa ketawa ya? Hm.. kata sister sih "enjoy aja". Bisa? bisa sih tapi tetap kadang-kadang beban skripsi tuh mengusik fikiran. semakin difikirin ,semakin ingin cepat wisuda. dan ternyata memang tak ada cara dan syarat lain kecuali hanya menyelesaikan apa yang mengganggu fikiran para mahasiswa tingkat akhir itu. Ya, selesaikan skripsi, baru layak wisuda. *sadarlah ya mahasiswa, sadar dengan sesadar-sadarnya!

Skripsi, mari kita merenung sekejap dan membayangkan apa itu skripsi! SKRIPSI. Gak mampu ku gambarkan secara gamblang karena memang saya masih bergelar calon penulis skripsi. Well, based on my opinion, skripsi itu penuh perjuangan. I'm sure, beragam perjuangan yang menghiasinya. apa saja? Yuk kita checklist, Ya, Usaha dan kerja keras. Tanpa usaha, maka takkan ada yang namanya selesai skripsi. Kerja keras menjadi tolak ukur dari kesungguhan kita untuk menyelesaikannya. Doa menjadi penolong dari usaha yang sedang kita kerjakan. Kedudukan doa dalam usaha kita sangat penting. Dengan pertolongan-Nya, In Shaa Allah semua akan terlewati dengan lancar. Pengorbanan, ya jangan heran jika skripsi perlu banyak pengorbanan, waktu menjadi sasarannya. siap-siap aja menyita waktu tidur alias menahan kantuk semalaman, mengurangi santainya keseharianmu, siap-siap berkorban rupiah yang tak sedikit apalagi kalo revisi dan revisi, harus gesit aka jangan slow cause deadline untuk jadwal ujian sidang tuh, dll. siap-siap aja butuh asupan makanan dan gizi yang tinggi, siap-siap juga untuk mengorbankan hak-hak orang yang di sekeliling kita, contohnya ya saking fokusnya depan laptop, eh.. lupa deh pekerjaan lainnya (eeeeh.. jangan sampai aku kayak gitu dah. Ingat juga, yang penulis skripsi mesti jaga kesehatan yang maksimal, agar daya tahan tubuh kuat dan tak jatuh sakit, lelah, capek serta menghindari stres. Hee.. sebenarnya itu semua penjelasan tentang apa itu skripsi atau perjuangannya ya? Sama saja kali ya. Dan alhasil, jadi mahasiswa yang rajin ke perpustakaan, malah hampir di bilang "ngantor di perpustakaan". Intinya, zona skripsi itu "belajar tingkat tinggi" Haa.. *warna-warni dari perjuangan skripsi.

Nah, aku nih belum mulai juga yang namanya skripsi, koq dah tau ya? Oke, sebenarnya skripsi bukanlah hal yang baru didengar, justru saat masuk dunia perkuliahan dulu, udah tau yang namanya skripsi. heehee maksudnya denger informasi kalo tingkat akhir kita mesti kerjakan itu. Seingat saya dulu, denger kata skripsi itu yang terbayang di angan-angan adalah "sulit banget" dan "mengerikan", ya semuanya dilengkapi dengan ujian skripsi, kompre lah, dan semuanya. HeHe aku sih taunya tuh skripsi. Ya wajarlah kalo saat semester VI kemaren, saya dah deg-deg an. Soalnya skripsi memang tak lama lagi. Dan November 2014 adalah jawabannya, waktunya sibuk dengan mikirin judul skripsi. Kalo masyarakat bilang tuh, alon-alon asal kelakon atau biar lambat asal selamat. Ya, bisa jadi. tapi ingat ingat think! kalau punya tugas tuh jangan lama-lama ditunda. Jika bisa sekarang, kenapa mesti tunggu minggu depan. kapan lagi gitu lho? Yang namanya penundaan akan selalu menyita waktu kedepannya. Rugi euy!!! Seandainya ada kesempatan untuk lebih cepat dan selamat pula, why not? itu juga baik kan.

Skripsi itu pilihan, mau cepat selesai? Ya mulai dah kerjakan, bukan hanya difikirin. jika gak mau cepat selesai? ya sudah, tunda saja terserah anda. Mudahkan, cuma perlu memutuskan satu yang tepat diantara dua pilihan. Ya, prediksiku semua mahasiswa tingkat akhir itu (terutama saya sendiri) selalu ingin wisuda segera. Ngapain stay berlama-lama menyandang predikat mahasiswa tua, maksudnya tingkatannya, gak mungkin kan ceritanya saking cinta sama kampus, jadi nunda-nunda pake toga, Hee.. Tidak!

Skripsi itu juga bukan masalah kita bisa atau tidak bisa ngerjainnya, tapi sebenarnya skripsi itu tentang mau atau tidaknya kita mengerjakannya dan menyelesaikannya. Oke, maksudnya kita jangan pernah mengeluh dan menyerah karena ini bukan tentang "bisa atau tidak", tapi semuanya berkaitan dengan "mau atau tidak". Jadi jangan pernah berhenti, walau terkadang tersungkur atau bahkan harus terjatuh. jika gagal, ya coba lagi. jika salah, ya direvisi lagi. Hee.. "aku terjatuh dan tak bisa bangkit lagi... aku tenggelam..." Yuppss.. kalo skripsi di kasih lagu itu, ya sudah dah.. itu skripsi jauh dengan title "kelar".jadi lebih oke kalo ambil lirik ini "jatuh bangun aku mengejarmu, skripsi" ^^ (dangdyut genrenyaa yaa)

Apa judul skripsimu, Nelly Vergawati?
Apa kabar judulku yang tersayang? Ya.. sudah one month ago, ini memo sudah menghiasi dinding sudut ini, setiap hari saya pasti lihat tuh memo, Hee.. "Oh that's reminding me about my big project". Sekalipun ku ingat, tapi yang namanya mencari judul tuh gak bisa dipandang sebelah mata. Ya, maksudnya itu bukan hal yang mudah karena ini menyangkut jati diri kita sebagai mahasiswa, benar-benar nak diputuskan dengan baik. Harus menguasai dan memang tidak bisa sembarangan. nak judul apa? Hee.. entah, kenapa rasa sulit nak temukan judul tuh. Ooooo.. ternyata dan ternyata, ada yang salah metodenya, ya saya ingat pesan Sir Mulyadi saat perkuliahan semester 4 dulu, saat kita mulai skripsi itu, bukannya mencari judul tapi mencari masalah.
Gitu, ya pantesan judul belum tiba juga, kan terpenting tuh nyari masalah, kalo judul mah ngikut aja. Oke deh. Sebenarnya, saya rasa khawatir juga awal minggu kemaren, karena apa? ya, semua kawan sekelas nih dah bener busy yang terlalu, ya.. judul mereka dah berhamburan untuk menghadap Sir Anca, maksudnya di check apakah layak atau tidak judul yang kita pilih. Hebat yaa! Eh.. malahan ada yang sudah ACC judul oleh pembimbing-pembimbingnya. Ya, siapakah dia? dia adalah Jimmy Ivon yang sudah masuk ke Bab I, katanya masih bertahap revisi lagi. Wah, salut saya sama kawan satu ini. Nah ada yang lebih melangkah selangkah lagi, Mikail Latief, kawan yang ini sudah masuk Bab II. Thumb up, Mikail! saya appreciate style maju dan cepet seperti Mikail ini.

How about you, Nelly?.. Hee.. malu saya nak mengaku, tapi mesti jawab jujur. Ya, Nelly belum mengajukan judul. Why, Nelly? Why? Why? Because ya judulku itu "belum punya judul". Bingung nak kayak apa ya maunya saya, judul apa, apa judul? Sebenarnya dan sesungguhnya, minggu kemaren sudah siapkan berkisar 10 judul yang memang masih belum sempurna, nah tapi kesulitan mencari reference-nya, jadi 10 judul itu di cancel. Lanjut hunting dan thinking judul, akhirnya diketemukan lagi 9 judul yang semuanya bertema "writing" Hee.. maklum, itu kan hobby saya. awalnya ingin judul tentang vocabulary, tenses and grammar. Nah, beruntungnya pada tahun ini, mereka itu tidak diperbolehkan lagi. Ya, gimana? ya cari judul lain dah, In Shaa Allah, besok saya nak menemui Sir Anca, untuk memberikan 9 judulku yang amazing ini, Heee.. semoga bener ya. Minimal 3 diantara 9 judul tersebut harus di acc. baru hati bisa lega dan tenang. Eeeh.. sudah tuh nak mencari reference-nya. ini itu, itu ini. Ya sudahlah, hadapi aja perjuangan indah ini, Nelly!
Pada kenyataannya, namanya bukan mulai skripsi, tapi proposal dulu baru jadi skripsi. Pesan dari brother, yang penting itu Bab I, karena disanalah latar belakang masalah dan lain-lain yang penting. Oke!
Proposal, I'm going to come! Wait me for a while! I will face everything to finish you! SEMANGAT 45, SEMANGAT TIADA BANDING! Dengan berjuang skripsi seakan kita pahlawan yang berjuang dalam kemerdekaan. raih kemerdekaan yang ada pada diri kita!

 #para calon penulis skripsi #setia mikirin judul #berjuanglah mahasiswa
Together is better, Miss-Miss yang aku sayangi, SELAMAT BERJUANG! Semoga kita wisuda bareng di Juni 2015 ya. Saling mendoakan. Pokoknya, walau dunia skripsi itu sendiri-sendiri tapi jangan lupa satu sama lain ya ^^

Mari kita menyongsong dengan gembira, suka atau tidak suka, ya inilah tugas besar kita sebagai mahasiswa. Jalani semua ini dengan DOA, USAHA, IKHLAS, dan TAWAKAL. mahasiswa itu memang harus buktikan kalo kita beneran dah raih ilmu, selanjutnya kita kan nak ajarkan ilmu. Judul ketemu, lanjut Proposal! bertahap menuju skripsi, yang penting syukur, semangat, senyum, sabar.

"Jangan sedih Nelly, jangan panik dan jangan takut. nikmati masa ini dengan kesabaran, keikhlasan dan kesyukuran. Tanpa mengeluh. Kenapa khawatir? Kenapa galau? Kenapa risau? Sepantasnya tenangkan hati. Sewajarnya damaikan hati. Percayalah, Allah Maha Kuasa diatas segala-galanya. Allah yang Maha Penolong, selalu ada dan tidak akan pernah meninggalkan hamba-Nya dalam keseorangan. teruslah berdoa dan berusaha. Tekadkan hati dan jiwa bahwa ini bukanlah perkara yang tidak ada ujungnya. Setiap kesulitan pasti akan ada kemudahan. Cukup bagiku, Allah Swt. sebagai Penolong terbaikku. Dengan doa dan ikhtiarku, dengan doa dan dukungan dari Umak dan semua orang yang menyayangiku, semua ini akan terlewati dengan baik. Berjuanglah dengan niat Lillahita'ala. Barakallah! Semoga selalu dalam keridhoan-Nya."

Oke, enough dulu for this time.. next, jumpa lagi! Bye..

Wassalam :)

Tidak ada komentar: