Minggu, 12 Oktober 2014

Letters to Smile

Assalamualaikum :)

This week is the last time of PPL, because on wednesday, 15 October already ''perpisahan'' di sekolah. Hm, in fact... sudah almost 2 months we are here, in the school that we get great experiences. Alhamdulillah, bagaimanapun dan apapun itu, don't forget nak bersyukur selalu. because ALLAH Yang Maha Pengasih selalu mencurahkan nikmat-Nya hingga saat ini.
Dibilang easy, ya can be. dibilang difficult, juga can be. It's a struggle. PPL sudah H-4, it's mean that this saturday is the last meeting and the last teaching in my lovely class, XI MIA 3. Pagi ini, aku dah prepare about the last material itu "informal letter", when bel masuk setelah istirahat sudang ringing, saya pergi nak temui pamong saya yang sedang ada di kantin dan tentu I give my RPP. after that, I go to class XI MIA 3 yang saat itu ada seorang Ibu yang promotion about bimbel. So, I go back to ruang PPL kami yang ada beside kantin. maksud saya, sembari menunggu selesainya promotion tersebut. Kawan PPL yang ada di ruangan pun busy each other, then I duduk didekat Dwi Muji Rahayu, mahasiswi Akuntansi. dia sedang membaca lembaran kertas yang berisikan pesan dan kesan dari siswa, lantas begitu aku terfikirkan untuk ajak siswa-siswa tulis a letter on a sheet of paper, Ya.. 30 minutes terakhir, saat jam pelajaran nak finish nanti.

Lembaran kertas yang terangkai kalimat-kalimat dari siswa-siswi kebanggaan, XI MIA 3. Oke aku nak cakap kalau saya sayang bener sama class yang saya handle ini, ya mereka students pertamaku, students yang takkan pernah terlupa. mereka semua sopan, baik dan pandai juga. I love them. Mungkin itulah jiwa seorang teacher :) yang mana selalu menyayangi anak didiknya. 38 siswa yang saja ajar di setiap hari sabtu itu selalu menambah motivasi ku untuk jadi teacher yang better. Disanalah aku get many experiences, I also get many learnings. Teaching is a process when there is interaction a teacher between students. Well, mereka semua dah respect akan hadirnya "guru ppl bahasa inggris" ini. I really appreciate everything there. Thanks sudah jadi siswa-siswi miss.

Aku juga sampaikan maaf atas semua kesalahan selama miss mengajar. maaf bila ada yang tersinggung atau tersakiti dengan the way I teach. Ya, namun itu bukanlah maksudku. Aku selalu katakan bahwa niat itu menggambarkan diri kita. jadi, aku memang dah niat nak luruskan tekad bahwa aku mengajar dan mendidik anak muridku karena Lillahita'ala. bukan karena nak dapat perhatian lebih dari siswa, bukan juga nak dapat nilai besar dari pamong, atau maksud lainnya. tapi melainkan untuk dapatkan ridho-Nya. tak perlu nak undang orang-orang nak liat saya, tapi cukup dan sungguh lebih dari cukup karena Tuhan Yang Maha Melihat selalu awaskan dan perhatikan diri ini. Dan hanya karena-Nya, harapkan ridho-Nya.
Miss hanya ingin kalian dapat ilmu, bila kalian ribut atau tak focus in learning, miss yang as teacher sudah sewajarnya tegur itu, agar kalian paham dan mengerti dengan materi yang disampaikan. intinya agar kalian jadi siswa yang lebih pandai lagi dan juga punya kepribadian sikap yang baik pula. 
I know, semua students saya juga plan nak datang ke sekolah itu untuk dapatkan ilmu. sehingga, I believe kita yang berada dalam kelas punya niat sama, yaitu lakukan kegiatan kita dengan ikhlas agar bernilai ibadah.
saya pun amat menyadari kekurangan miss ini, masih sangat banyak kurangnya, dan miss say thanks dah respect dan menerima miss yang masih dalam proses or tahap belajar ini. So, kita sama-sama belajar ya Dek :) kita dah together, have a good cooperation. I think all moments unforgetable.

Miss dah baca semua surat dari kalian, students :)
Untaian baris kata perkata tersusun di kertas-kertas putih, aku dah start membaca di sekolah after finish teach them. Ya, aku senyum-senyum sendiri membacanya. seperti falling love aja, kesan yang tercipta kayak baca surat cinta deh. hehe :) sepanjang jalan saat pulang sekolahpun miss tetap seneng dan senyum #eh senyum itu ibadah. Pokoknya letter students ini buat smile in here. Isinya semuanya beragam, ada yang bikin haru eh bening mataku. Ada siswa yang doakan cepat wisuda #Aamiin. tau bener nih kalo miss pengen bangeeeeet cepet wisuda. ada siswa yang doakan saya agar dilindungi dari orang jahat #haru. kalimat yang selalu terselip dalam doa saya. ada yang bilang suara miss yang kurang keras ya #HiHi.. miss mesti olah vokal suara nih. ada juga yang bilang ngejelasinnya kecepatan #Hm.. harus di slow kan sedikit ya. ada kalimat, harus banyak belajar lagi #bener sangat, harussss!.
Dan itulah beberapa isi surat dari mereka, aduh kalo dibilang sabar, baik, cantik, Hm.. pujiannya miss simpan disini *nunjuk ke hati. tapi tak bermaksud lupa diri. Miss tahu kalian pasti tulis semua kata-kata yang bagus karena kalian memanglah students yang sangat baik. Ah, tapi bukan pujian yang miss elu-elukan, tapi makna dari kepedulian dan kesediaan kalian tulis huruf-huruf itu jadi berharga nian buat miss. #eh miss kan suka nulis lho... Anyway, maaf untuk beberapa pin BB yang harus terabaikan karena Miss Nelly ini tak punya BBM. hehe :)
Tulisan menggunakan bahasa indonesia, bahasa inggris dan bahasa palembang, eh jika students bisa bahasa koreapun juga boleh aja koq :D Semua kritik, saran, pesan, semuanya miss ambil jadi masukan dan cerminan untuk miss kedepannya. seperti yang semua dari kita inginkan, kita mesti jadi orang yang better than before jika ingin menjadi orang yang beruntung. Terima kasih students ku, terima kasih adek-adekku.. Miss atau panggil kakak bila bukan ruang lingkup sekolah, perasaan ini sangat nyata disini, kakak sayang adek-adek. #nian lho.
Sungguh disayangkan, miss tak terfikir juga nak bawa camera. harusnya miss take moment with kalian. Ya, karena busy nak manage RPP and bahan ajar, malah jadikan seorang yang suka eksis inipun bisa terlupa dengan fhoto-fhoto. Well, Miss takkan pernah lupa kalian, really! kalian jangan lupa sama miss ya, oke!
Someday, miss akan luangkan nak tulis a letter untuk kalian juga. HeHe. walau gak dikirim lewat pos, tapi mesti publish di blog ini. Finally, sudah dulu time ini. Saya rasa hungry, nak cari makanan dahulu lah. bye bye. see you di entry selanjutnya.

Wassalam :)

Tidak ada komentar: