Senin, 19 Januari 2015

Penulis Proposal

Assalamualaikum

Hi semua.. What's up? I just hope we all have good condition, whenever and wherever. This time, bicik wants to write kisah about calon penulis proposal hingga benar menjadi penulis proposal.. Yeah she is just a little aunt.. Who is she? It's me. after 2 weeks yang lalu, I have busy time in judul hingga proposal, today I kangen nak type ceritera. As usual, momentkan perjuangan-perjuangan dalam reach our ambition! Kesannya sih pengen tetap berkarya ya di dunia tulis-menulis sesuka hati ini walau big project ada digenggaman, but I know what the balance of it is. Awal episode kali ini rilex sedikit because Bicik dah finishkan research design, maka itulah, bicik can berluang time in here.. ^^

Little Aunt starts penelitian with Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, 2006 ^^
 Beautiful title, I'll search on for you
Till all of your struggle in my life comes graduation
You've made me happy again,
After a long, long while
In happy again
And I'm glad that it's you
Beautiful title

Seperti ceritera di entry sebelumnya  mengenai on 29 Desember 2014 lalu, Bicik sudah mendapatkan tanda tangan Kaprodi Bahasa Inggris. Then, 30 Desember, Bicik directly menemui pembimbing II, Sir Firdaus. at that time, Nelly sent message to my advisor II, honestly.. berapa kali ngetik pesan singkat itu, dihapus lagi, diketik lagi.. Eh, maksudnya Bicik benar-benar menimbang kata. Takutnya pesan tersebut kurang sopan (maklum dah, kali pertama niih).. dan itupun take a long time to get pesan balasan dari Sirnya. aku sudah nak tuju parkiran, dah tu baru ada balasan, aku putar balik lagi ke gedung H.
Pertama menemui Sir, aku benar-benar di nasehati, Eh.. tepatnya kena marah. marah untuk kebaikan tentunya. tapi aku sadarlah, memang Sir benar sekali.. aku masih banyak kurang paham dan tak mengerti tentang apa yang akan saya tulis tuh. bila aku ingat masa itu, Sir said "Awak ni belum paham, awak ni belum belajar, awak ni tebalik.. " Yaa.. time itu aku mulai mengerti bahwa aku memang minim sekali knowledge and teori tentang penelitian yang dihadapan mata, bagaimana tidak.. aku sepanjang dini hari itu menghapal method research yang akan aku gunakan. Eh.. in the fact, aku mengatakan want to take metode quasy tapi malah menjelaskan metode pre. alhasil, bingung sendiri kan. After that, aku benar serius study more.. Alhamdulillah sekarang sudah sedikit paham.. masih belajar dan belajar.. ^^ semangat!
Pada hari itu sudah tentu aku belum mendapat signature dari pembimbing II ku. Sir juga membimbing untuk tidak penelitian disekolah yang akan aku tuju, di KM 5, karena sebenarnya aku ikut kawanku Iky yang sebelumnya PPL disana dan hendak penelitian disana juga. karena aku bertempat tinggal di Kertapati, jadi itu terlalu jauh. sehingga Sir menyarankan untuk menuju sekolah yang berada disekitaran Kertapati. Ya, bijaklah nasehat itu. Aku before ternyata gak fikir lagi tentang jarak tempuh sekolah penelitian, padahal kan ada sekolah yang berlokasi di daerah sini.. HeHe.. oke, ganti sekolah deh, sehingga aku mesti rombak ke kertas lain yang tentunya aku mesti menghadap Kaprodi lagi untuk menanda tangan ulang judul yang sekolahannya diganti. Semangat little aunt ^^

Library, I'm with you, I'm waiting for you!
Favorite place in Library
Kejar tayang aka kejar proposal
Setiap hari aku diligent stay disini.. Ya, walau belum ditanda-tangani oleh pembimbing II, aku sudah gesit untuk memulai proposalku.. sekalian belajar tentang metode research sih tujuannya. Aku bahkan dah awal datang, hingga tiba di lantai empat, librarypun still close, just menunggu di tangga.. Yeay, jadi pendatang pertama, menuju barisan skripsi biru, seorang saja but it's really oke because so tenang lah bila tak ramai, lebih focus dan pastinya semangat biru langit dah. Ini yang namanya ''Perpustakaan jadi kantor''. bila dah starts, maka take skripsi minimal 11, dan bahkan bisa 20 an skripsi. berjuang mode on! Ya, seminggu kemudian, aku telah menyelesaikan 50% proposalku. Lalu aku menemui Sir Firdaus, lanjut ke Pembimbing I, Bapak Rusman Roni yang bisa ditemui di kampus Tridinanti, and the last.. Ketua Jurusan, Sir Yusri. Alhamdulillah syukur.. akhirnya aku menulis kan judulku di buku judul skripsi, I agak forget lah urutan keberapa tepatnya, mungkin berkisar pada nomer 435 atau 436.

Tips Kejar Proposal ala Bicik adalah jangan menunda sekiranya bisa mengerjakannya, do it! walau belum ditulis judul di Prodi, lanjut aja tulis proposal. Because we can't wait for along time, just to get signature we can spend waktu yang kadang tak sedikit. Don't need to see there are all signatures in your paper ''usul judul skripsi''. Just little a little.. kerjakan apa yang bisa dikerjakan sekarang! Setidaknya kita berjuang dan berusaha dengan sungguh-sungguh, serta berdoa selalu. Jangan mengutamakan hasil terlebih dahulu, yang penting kan proses perjuangannya, akhirnya cita kan terwujud, namun cerita akan perjalanan meraihnya akan membuat istimewa cita itu sendiri. Jadi, jangan menyerah whatever happens!

Dulu skripsi itu "menakutkan", sekarang.. "menyeramkan" HeHe *kidding
Actually, tak ada yang sulit selama kita bersyukur dan tak pernah menyerah
Hari-hari semakin baik, ya sejak ditulisnya judul di Prodi.. aku hanya tinggal menyelesaikan skripsi ku yang tinggal 50% lagi agar mendapatkan predikat ''kelar''. Yeah, it's easier than bulan-bulan lalu dimana I belum berjumpa dengan judul tersayang. Sebenarnya aku nak bagi tau jika aku rasa glad sejak masa ditandatangani oleh kaprodi. Selera makan bertambah, hingga berat badan bertambah 2 kg. it's amazing for me. because selama sejarah, aku tuh gak bisa ngelewati berat 40 kg, happy time. I juga feel tidur nyenyak, fikiran lapang, apa ya.. pokoknya mah sekarang dah rasa perjuangan mahasiswi itu sebenarnya baru dimulai namun just enjoy it sincerely.
Awalnya menargetkan sabtu 17 december akan menyerahkan proposalku ke dosen pembimbing II, tapi ditunda karena mesti di check lagi hingga minggu 18 desember aku menyelesaikannya, dah tuh dilanjutkan ke pembimbing III. HeHe aku punya advisor III. thanks so ya bro! mahasiswi mana yang punya pembimbing III? HaHa.. sebenarnya Bro ini adalah lulusan sastra inggris di salah satu universitas swasta palembang. because of that, I konsultasi background proposal kepada beliau.. HeHe Bro adalah Fathernya adek Zahra. HeHe.. Aku akan menyerahkan research design atau proposal ini ke Pembimbing II pada hari senin besok  ^^

Terima kasih Umakku sayang, terima kasih Bapak tercinta, terima kasih kakak, ayuk, keponakanku dan semua keluargaku.. I love you all ^^

Terima kasih Mom Evi, Sir Firdaus, Sir Rusman, Sir Yusri.. telah memberikan izin acc pada judul skripsiku. Thanks juga buat kawanku yang baik, Hasanah Cantik (Mahasiswi matematika) yang mau meminjamkan buku dan saling sharing tentang proposal. Thanks buat Miss Kece yang dimana kita saling kasih semangat (jarang ketemu karena beda pembimbing). Thanks juga buat Kak Ihsan (Ketua kelas) yang baik juga hatinya karena sedia membagi informasi, HeHe maklum dah, bila ada yang ditanya-tanya, kepada Kak Ihsan yang bercita-cita jadi dubes ini lah. Thanks juga buat Elin, teman perjuangan dalam menunggu pembimbing (pembimbing kami sama). dan pada semua yang tak bisa disebutkan satu persatu, kawan-kawan yang sedikit banyak berkontribusi dalam perjuangan bicik. HeHe.. kayak buat kata ucapan terima kasih skripsi aja ya..

Sebelum berjumpa dengan beautiful title
My beautiful title is second title.
Senyum.. bicik bisa ya!
Sudah dulu deh kali ini, kita berkisah lagi di entry selanjutnya
Tetap semangat dan Dadaaaaaaah *lambai tangan
Wassalam

Tidak ada komentar: