Jumat, 21 Maret 2014

Announcement, Micro Teaching!!!

Assalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh

"Tepat di depan matamu. Ada sungai mengalir. Luas, sebuah sungai yang besar.
Walaupun gelap dan dalam. Walaupun arusnya deras.
Tidak perlu ketakutan. Walaupun kau terpisah. Ya, tepian pasti ada 
Lebih percayalah pada dirimu"

Begitulah potongan lirik lagu river. It's not different from this story. The challenges are waiting for me. Go ahead! Face them! Of course, but these are not easy like imagination. Real, make my heart beats faster. worry? afraid? anxious? Shy? nervous? I can't explain clearly but it happens exactly. This is microteaching
I'd like to tell story about it. Ya, I know this semester starts new things which I have to do all. Come on Nelly! it's microteaching, isn't it? how can it give effects like burden for a person that not brave? it looks so hard, Why? this feeling is just of mine or the other also feel like that?

Announcement, announcement!
Just now, after finish perkuliahan. I and twins went to building E, fourth floor. Tepatnya di depan lab microteaching. There was announcement about microteaching. Silahkan cari sendiri nama anda! bila tak ada, check again!
Really, Deg-deg an when I was looking for my name. Sehingga the first time tuh, I couldn't find Nelly Vergawati. Where is my name? I asked. I repeat to see more careful again. Ye finally the second time, I could find it. My name belongs to group 20 as a teacher.

Actually, it has two sessions. as student and as teacher.
Alhamdulillah, my schedule is on Friday 28 March 2014.
At 13.00 - 15.40 WIB Session to be students (inilah nama kawan-kawan satu grup seperjuangan^^)
  • Yessy Puspita N
  • Iluh Ayu Anggraini
  • Tria Suprianti
  • Deesy Rossy Angela
  • Reka Silvia
  • Guna Triansyah
  • Rusdi Afritosa
  • Nelly Vergawati
  • Lela Yusmita
  • Siti Khotijah
One group terdiri dari 10 mahasiswa. Kelasnyapun berbeda-beda karena memang tak ada ketentuan hanya bisa satu grup dengan kawan satu kelas, Alhamdulillah dari kelas VIA ada Nelly, Lela and Siti. In my opinion, it depends on time when we register of microteaching.
This time, kami akan duduk dan berperan sebagai students (sebenarnya kami memang student koq) dimana yang menjadi teacher adalah mahasiswa kelompok 19. Okelah ini pasti amat mudah karena hal biasa di kegiatan sehari-hari, iya kan. We must help our friend that become a teacher, the way is be good student. Semangat! don't be noisy! Mayn't bother the other! don't allowed to sleep e :D Selama 2 hours 40 minutes.
Alright! I don't feel it's hard to do! Mudahlah, betul?!

But let see about this!
Try to check. Ya, become teacher. before I realize memanglah ini ketentuannya. I'm just afraid. entah takut apa. HuHu oke pilihlah nomor 8 bila ingin daerah menjadi lebih maju #sorry, bukan pemilu guys ':(

Pada hari yang sama, at 15.40-18.20 WIB Session to be teacher (this time after already be student)
Dosen Penguji : Dr. Tahrun, M. Pd. dan Hj. Noviati, M. Pd.
Nama-nama mahasiswa dari kelompok students tadi akan menjadi teacher untuk mahasiswa kelompok 21. Setiap teacher memiliki waktu hanya 10 menit dan activitas teaching itu akan di rekam camera #waktu yang amat singkat e
Sebenarnya aku belum tahu secara pasti. Kabar yang didapat tuh bila microteaching nanti hanya ada  10 mahasiswa yang sebagai students and satu mahasiswa yang akan menjadi teacher di dalam lab tersebut. Jadi dosen penguji tidak ada ditempat untuk menyaksikan secara live. melainkan hanya melihat hasil rekaman teaching. (kalau begini kan tak perlu grogi berlebihan lah e^^)
tapi based on story from adik kakak ipar, Aunty Mi yang lulus di salah satu universitas, She told me Microteaching nanti akan ada dosen penguji yang berada disana. it means that there are lecturers also in lab.
HuHu entahlah, yang mana pastinya.
Yang pasti hanya perlu fikirkan tentang peran menjadi guru dan fikirkan tentang materi teaching. Oke :D

Dari kelompok 21 yang akan menjadi students, hanya Aulia yang come from class VI A. Lalu ada Ardi, teman baiknya Aulia, yang come from class VI E. hanya mereka berdua yang saya kenal. HuHu sebenarnya itu hal yang menyedihkan atau menggembirakan ya? seandainya mahasiswa yang menjadi student adalah semua orang yang kita kenal, apa mungkin akan mengurangi nervous kita? dan sebaliknya studentnya adalah mereka yang kebanyakan kurang kita kenal akan menambah nervous kita? Entahlah, bila belum practice, who will know? I'm just afraid :(

Untuk sekarang, Nelly lagi prepare to make RPP about materi yang akan Nelly ajarkan. Listening, Speaking, Reading and Writing. Nelly will choose Reading or Writing. Confusedlah bila pilih satu antara dua. Just think deeply! Must search good idea! memilih yang terbaik!

Well, masih ada time one week again. tapi perasaan sudah tak tenang pun. deg-deg since see and know the schedule. Maybe ini kefikiran yang berlebihan. tapi in fact memang mengganggu layaknya suatu perkerjaan yang harus kita kerjakan namun bila belum dikerjakan akan terasa membebani. Kesimpulannya bila nanti telah selesai dilaksanakan ini, maka pasti rasa seperti terbang bahagia. #mikirin microteaching yang belum diadakan

Kekhawatiran akan hal itu terus mengganggu waktuku. Beginilah rasanya, akupun rasa heran benar. apa hanya aku seorang yang feel like this? how about the other? Mungkin mereka tidak. Huh Entahlah, Bagiku ini layaknya ketakutanku. apa aku takut aku melakukan kesalahan karena grogi selama 10 menit itu? Padahal only 600 second. bukankah itu tak lama?

YAA ALLAH, mohonlah pertolongan-Mu. Hanya dengan Kasih Sayang-Mu... 
Berikanlah kekuatan pada jiwa yang lemah ini...

Nelly, Apa kamu akan kalah karena ketakutan itu? NO WAY. kamu terlahir bukan untuk berkata "aku kalah". tapi katakanlah "aku akan berjuang". Mencoba mengalahkan ketakutan itu. Membangun semangat diri. Lalu tanyalah, apa kamu berbeda dengan mereka yang hebat? NO WAY. Kamu tercipta sama dan miliki mimpi yang sama. Beranilah melangkah. Kamu begitulah berharga! Believe Yourself!
Yakinlah, kamu pasti bisa, Nelly! Ini hanya awal dan masih ada banyak perjuangan lainnya.
Yang bisa kita lakukan adalah melakukan yang terbaik sebisa kita

I know, I don't wanna force me to do perfect. I just need to do my best.
Don't try to be perfect. Perfection is not ours.
 Making mistake is not strange cause I'm learning. Just do it seriously.
Don't think about success or failed. Just do it confidently.
Don't be axcessive anxious. Just do it bravely.
Memo : Best regard for Mahasiswa-Mahasiswi FKIP Bahasa Inggris Angkatan 2011 Universitas PGRI Palembang. Salam success! Good luck for microteaching. Hope we can do our best! Keep fighting! Semangat never ending! Face it sincerely!

Oke itu adalah sepotong cerita akan perasaan seorang mahasiswa yang akan menghadapi microteaching. Alhamdulillah, Bersyukur tidak dibuat galau karenanya. hanya takut namun telah kuyakinkan bahwa ketakutan itu bukan untuk mereka yang berani ^^HAHA Yaiyalah
Aku mungkin pernah takut. Ya, aku memang pernah takut. tapi aku sadar, aku terlalu berharga untuk bersama ketakutan itu. Gak okelah kan! Hee :)

Wassalamualaikum warohmatullahiwabarokatuh

Tidak ada komentar: