Kamis, 01 Juni 2017

SAPA Graduation - Selamat, Dek!

Assalamualaikum

Apa kabar semua? Harap selalu baik dan bersemangat. Selamat berpuasa dihari ke-enam ini.

 Congratulation on your graduation. We are proud of you, dear ^^
Selamat datang di Sekolah Dasar tahun ini!


Adalah hari wisuda dek zahra di TK-B Sekolah Alam Palembang. First, I think it's like a dream because I can present her precious day. Since before, when she started her studying in SaPa, I really want to know and see her school, but I didn't get right time. In the end of last year, I had a plan to go to her school, time to took the result. Tapi, belum berluang. So, a graduation day becomes a sweetest moment for the sweetest aunt ya! So glad! ๐Ÿ˜ƒ

Let me tell the little by little story about behind the scene or a day before great day ๐Ÿ˜‰ 

I went to Tanjung Enim at 11.45, and arrived there 12.30. Took the bus, while wait for 15 minutes, barulah bus nya go, Tak lama lagi sampai eh ada kejadian saat bus nya mengarah ke musi dua (awalnya nggak ngeh ini ke arah musi dua) saya hanya terheran kenapa rasa berbeda view kertapati, tak biasa, banyak berubah, gumamku dalam hati, lalu aku mulai terheran dengan hal aneh dimana nampak di depan sana ada jembatan, wah sekarang udah ada jembatan baru, begitu fikirku, tapi rasa curiga datang karena terlihat dari dekat, itu jembatannya sudah banyak coret tulisan, kayak jembatan dah lama, lagipula gak mungkin ya pembangunan jembatan secepat ini selesainya, perasaan gak selama itu tak lihat palembang. Dibalik kecemasanku, melihat banyak penumpang lainnya, koq gak ada yang panik ya, apa jangan-jangan bus ini gak lewat kertapati gitu, jadi bus ini kemana? Semakin curiga, bergegas menelpon sister yang nanya sudah dimana, aku langsung jawab, aku dak tau ini dimana, ada jembatan, aku tak tau, sister menyarankan buat nanya sopir. Aku jadi keinget saat mau mudik ke dusun, eh malah naik bus perumnas, hampir saja dulu. Apa kejadian sama terulang lagi? ๐Ÿ˜ฑ Memutuskan gak nanya sama sopir ataupun penumpang lain, yang pasti kan ini masih di palembang, belum luar kota, turun dimana saja, nanti naik angkot lagi kan dan bilang saja mau ke kertapati *pasrah ๐Ÿ˜… Ternyata... Busnya cuma muter doang di bawah tuh jembatan, syukur berlega hati, oh begitu rutenya, harap maklum sih karena ada pembangunan KRL, aku jadi senyum sendiri, lucu dan ternyata kali ini, malu bertanya itu bukan sesat dijalan tapi gak malu-malu in ya. Finally, tiba di rumah dedek at 18.03. Alhamdulillah

Rabu, 24 Mei 2017, 20.00 WIB
Bundanya prepared about kebaya, lurik and kain batik for adek. There're two clothes for adek, pink for kebaya and green for lurik. The theme of the clothes based on the theme is SaPa Graduation and Festival Budaya. Ibarat kata, pakaiannya harus senada, minimal sekali dari aksesorisnya. Nah kebetulan, theme for TK-B is Budaya Jogja, it's batik. The parents or family will match the clothes depend on the theme wisudawan or wisudawati. Beragam thema budaya dari nusantara, ada yang busana dengan khas papua, bali, lombok, NTT, Aceh dan berbagai daerah lainnya.

Kebaya, lurik and kain batik, agak kebesaran buat si dedek, so her mother sew them in that evening. Si dedek juga menyempatkan berlatih pidato sebab dia akan tampil untuk menyampaikan pesan kesan mewakili TK B. I feel so excited to see her performance, I don't believe before she was choosen to deliver the speech cause as I know she is shy, but she is grown, right! she can do it, I hope.

Kamis, 25 Mei 2017, 07.00 WIB
Let's go! Eittts... salah ding! Jam segini kami masih dalam persiapan. Her father can't present cause he had something to do. Jadi hanya kami bertiga. Alright! Yang pastinya adek menyampaikan pesan Ibu gurunya yang mengatakan harus tiba di sekolah jam 8. Before it, she had breakfast a glass of milo and just a little rice. Because si adek sudah ready, sedangkan kami sedang bersiap, diapun cakap mengulangi pesan untuk segera cepat, nanti terlambat. After we have already all, time to go! Arrived at 08.07. Is it late? tidak juga karena acara belum dimulai dan nampak kawan-kawan belum datang semua koq ๐Ÿ˜„

Tak cukup jutaan huruf, namun setidaknya biarkan potret gambar menjabarkan betapa indahnya harimu, dek! Sapa Graduation & Festival Budaya Nusantara.

First photo setelah dari parkiran

Isi buku tamu dulu
selamat datang


Around SaPa

๐Ÿ˜ŠTambahin senyum dong ditatapanmu dek!

Ada Photobooth wisuda nya

Dedek with Bunda

Panggung acara wisuda, coba cari yang mana kursinya dedek?
Welcome here!
Akhirnya hari yang ditunggu-tunggupun tiba, wisuda namanya, wah ternyata bisa wisuda tanpa si skripsi ini lho ๐Ÿ˜„walau sih untuk generasi dibawah tahun 92-93 an, acara pemasangan gordon wisuda untuk TK nggak ada sama sekali, judulnya dengan kata tamat, kelulusan atau perpisahan. itu saja. Tapi inti sebenarnya tetap sama koq yaitu telah selesai menempuh pendidikan TK. Based on my experience, wisuda adalah judul untuk masa kuliah saja. 
Itu dulu... Namun kini umumnya, penyelenggaraan wisuda seperti universitas untuk pra-sekolah sudah menjadi suatu tradisi dan itu menjadi moment berharga. However, I'm so excited to be one of the witness in her lovely day.

Sebelum menuju panggung, ada session untuk photoboot bagi wisudawan/wisudawati. Cukup ramai yang dah hadir tapi untuk kawan-kawan dedek di TK-B belum duduk di kursi, jadi hanya adek zahra dan adek kalila yang dah duduk calm di kursi yang bertulis nama mereka sendiri, sambil buka kotak snack, menunggu acara mulai, dan lapar, mungkin begitu! ๐Ÿ˜†

Adek Zahra dan Dek Kalila *yang lain kemana?

Aku mau makan ini *Kalila dan Zahra said

Beautiful in white
SaPa Graduation diawali dengan arak-arakan wisudawan-wisudawati dari TK-SMA, beserta direktur, ketua yayasan, kepala sekolah dan guru-guru fasilitator SaPa, dan orangtua murid. Lantunan sholawat Isyfalana mengiringi acara arak-arakan mereka. 
Penyampaian kata sambutan, yang saya tarik kesimpulan menjadi satu kalimat, intinya pendidikan di masa keemasan anak-anak adalah masa yang sangat berharga dalam pembentukan karakter mereka di masa depan, terutama penanaman nilai-nilai agama Islam. 

Dipanggillah nama murid satu persatu pada acara penyematan gordon dan pemberian boneka wisuda yang tertera nama mereka, giliran si adek dan bundanya naik keatas panggung, si adek bergelar "little polite star" dan bicik amat terharu bahagia *duh ini baru wisuda TK... bagaimana dengan wisuda selanjutnya dek ๐Ÿ˜‚ *duh *gak kebayang ternyata si dedek sudah mau SD tahun ini *jadi keinget she was still being a baby
Dilanjutkan dengan bernyanyi yang awal liriknya "pagiku cerah" dan berfoto bersama kawan-kawan adek, mereka Dilla, Aisyah, Kalila, Kafee, Raihan, Ihsan, Gibran dan juga adek-adek manis *maaf ya acik belum tahu namanya

Pagiku cerah hariku indah
Aku melangkah pergi sekolah
Kuhirup dalam udara segar
Bersyukur pada-Mu Tuhan
Ku temukan jawaban dalam irama hujan
Diantara hijau dedaunan antara canda belalang
Ku temukan jawaban bersama teman-teman
Tentang arti persahabatan penuh cinta ketulusan
....

Pesan dan Kesan dibacakan dan sampaikan oleh adek yang dimenit awalnya dia terdiam dan kami yang menyaksikan ikut terhening menunggu kata yang belum juga terdengar *si dia demam panggung, muka dia menceritakan apa yang dibenaknya, she needs a help. Padahal di rumah saat latihan dia mengucapkan dengan lantang dan tepat. Tapi karena tampil dimana banyak orang yang didepannya *dia grogi. Then, ibu gurunya meminta bundanya untuk ikut menemani si dedek di atas panggung. Finally, suara malaikat kecil itu terdengar. Rangkaian kalimat mengalir biasa namun nada polos anak kecil itu menyiratkan makna. At least, tampil didepan menyampaikan sepatah dua patah kata bagi anak seumuran TK adalah sesuatu yang tak mudah. Semua yang ada benar-benar apa adanya. Give applause, sayang adek. Ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada guru tersayang. Kesan bagaimana bahagianya bersekolah disini dan lain seterusnya.... ๐Ÿ˜‚ ๐Ÿ’š Sekolah alam palembang, memang sekolah terindah dalam hidupku.

Bersama kawan dan guru tersayang *Ibuk Ani, Buk Tia, Buk Emil

Pesan dan kesan

Cameranya disamping dek!

Ini hari wisudaku *adek

Graduation!

Saung TK-B dengan thema budaya Jogja

Main disini dulu

Acik dan Dilla

Dilla, Zahra, Kafee, dan adeknya Dilla

Lihat acik yang comel ke? ๐Ÿ˜†

Bundanya saja yang siap...

Yunda and Dek Dilla
Berempat!

Senyum gitu kelihatan gigi itu

Ganbatte!

Aku belum senyum ke?
Pementasan seni dimulai, dimana adek berperan sebagai bunga. si dia memakai properti bunga. Lucu deh. Hebat, iya yang hebat lagi adalah guru-gurunya lho yang bisa mengatur anak-anak ini bisa tampil. Memang harus guru-guru dengan penuh kasih sayang dan kesabaran yang layak bagi anak-anak di umur 4-6 tahun an ini. Begitulah, nampak kesana-kemari nih anak-anak, bahkan jadi bingung ceritanya seperti apa, tapi tidak apa-apa, penampilan mereka justru lucu dan menghibur bagi kami yang menyaksikan, namanya anak-anak kan. Disini adek dan teman-temannya menyanyikan lagu cublak-cublak suweng. Oiya, pasti masa kecil kita dulu, pernah memainkan permainan ini walau dengan lagu permainan berbeda. Sehingga saya penasaran terjemahan lagu tersebut, jadi searchinglah digoogle, dan baru tahu makna lagu ini bagus, lagu dolanan anak-anak di jawa yang diciptakan oleh Sunan Giri ini memiliki filosofi luhur yang kurang lebihnya "bahwa untuk mencari harta kebahagiaan janganlah menuruti hawa nafsu, tetapi semuanya kembali kepada hati nurani yang bersih, tidak dipengaruhi hawa nafsu, dengan hati nurani akan lebih mudah menemukannya, tidak tersesat jalan, hingga lupa akan akhirat" kesimpulannya bahwa hati nuranilah yang menunjukkan kebahagiaan sejati. 

Cublak cublak suweng
Suwengnya teng gelenter
Mambu ketundhung gudel
Pak empo lera lere
Sopo ngguyu ndhelikake
Sir sir pong dele kopong
Sir sir pong dele kopong

Gibran, Ihsan, Zahra, Aisyah. Berempat ๐Ÿ˜ƒ

Bermain drama raja dan ratu

Dek, tingginya duduk tu!

Pas buat sampul "arti persahabatan"

Zahra dan Aisyah

Acik foto-in aku *dedek said

Penghargaan "the most care parent to their children's activity"
She laugh happily

Dilla & Aliyah

Lagi nyanyi cublak cublak suweng
di saung bersama

Congratulation, my dear!

Pergelaran wisuda dari tingkat TK hingga SMA berlangsung dengan tertib dan khidmat layaknya wisuda yang ada di universitas, hanya saja, untuk anak-anak TK, beberapa dari mereka berjalan dan berlari kesana kemari, ada yang bermain, 
yes cause they're still children. Itu hal yang wajar sekali. Malahan itu menjadi gambaran, betapa polos dan lucunya mereka. Bukankah itu adalah karakter dari mereka, acarapun selesai dan satu hal terpenting yaitu tanpa harus menyisihkan ke-khas-an mereka sedikitpun dihari resmi ini. Itu luar biasa, bukan?!

Selamat wisuda kesayangan acik!
Memasuki dunia yang baru yaitu sekolah dasar. Hari-hari baru, guru-guru baru dan teman-teman baru menanti adek, nikmatilah dengan semangat dan senang hati. Menjadi percaya diri dan berani. Masa ini adalah masa yang begitu indah dan menyenangkan. Jadi selamat belajar dan bermain. Doa dan harapan baik selalu tercurah dari kami yang menyayangi dedek. We love you so much!






Aku yang termula dulu ingin sekali melihat sekolah adek dan akhirnya tersampaikan merasa ini mimpi, amat bersyukur. Ku curahkan pada si adek, tak sangka ya acik bisa ke sekolah adek walaupun di moment penghujung seperti saat ini yaitu wisuda, rasanyapun malah tepat sekali waktunya. Diapun dengan senang mengajakku melihat ke sekitaran danau dan tamannya, dia yang rasa semangat dan bilang ke acik sambil bawa boneka wisudanya, "foto aku disini ya cik, video in aku cik ya" ๐Ÿ˜. Aku jadi bahagia lihat betapa cerianya dia, sepatah kalimat dia ungkap saat acik mau mudik lagi ke dusun, cik kenapa lihat sekolahan ku cuma sehari saja, datanglah lagi cik. Akupun tersenyum mendengar celoteh darinya. Karena bagi acik, satu hari sudah mewakili banyak hari-hari dimana acik berharap bisa melihat secara langsung seperti apa tempat belajar dan bermain adek. semoga Allah selalu memberikan kemudahan buat abinya dan bundanya adek zahra, dalam menjaga, membesarkan, dan memberikan pendidikan yang baik buat dedek, jadi adek bersemangat dalam belajar, semoga akan menjadikan dedek seorang insan yang berakhlak mulia dikemudian hari. Aamiin.



Sehari setelah wisuda, si adek sedang mengambil minum, aku berkata, dek kalo mau minum duduk dek. Seketika dia berujar, iya acik kalo makan dan minum jangan sambil berdiri, setelah minum dia malah buat saya speechless, "ada hadistnya cik, kami belajar di sekolah alam", diucapkanlah hadist lengkap beserta artinya. ๐Ÿ˜‚ jleb! dihati

With Love, Sweetheart!
Acik Tersayang!

Wassalamualaikum

Tidak ada komentar: